06 September 2008

“Demam Caleg” Mewabah di NTB

Setelah hiruk – pikuk pesta demokrasi pilkada NTB 2008 usai, kini masyarakat kembali disibukkan dengan perebutan “kursi panas” DPRD. Banyak kita jumpai para caleg mulai bergerilya merebut hati masyarakat, dan bukan rahasia lagi jika semua cara digunakan sebagai ajang untuk “jual diri”. Di daerah pulau sumbawa beberapa waktu lalu ada caleg yang memanfaatkan acara kawinan sebagai ajang kampanye (Radar Bima, Agustus 2008), apalagi sekarang bulan Ramadan bisa dipastikan berapa banyak acara syukuran, safari Ramadan dan sebagainya yang berubah fungsi. Tentu saja hal ini sedemikian lumrah terjadi di masyarakat kita.
Yang menarik untuk pemilihan caleg 2009 ini adalah, banyak unsur diluar partai yang muncul menjadi calon legislatif, mulai dari Pengusaha, Tokoh Pemuda, Wartawan, Tekong dsb. Semakin diperingannya persyaratan bagi calon anggota legislatif, membuat banyak orang berlomba – lomba mendaftarkan diri. Salah satu poin tersebut adalah tentang pelampiran fotokopi ijasah terakhir yang sudah dilegalisasi. Berdasarkan keputusan KPU Pusat caleg cukup melampirkan copy ijasah terakhir saja, tidak harus dilampirkan lagi fotokopi ijazah SLTA bagi lulusan S1 ataupun S2. Syarat lainnya yakni surat pengadilan tidak diperlukan lagi, melainkan surat pernyataan dari caleg bersangkutan.
Untuk NTB jumlah caleg yang terdaftar di KPUD NTB seluruhnya berjumlah 1070 orang caleg yang terinci 743 pria dan 327 wanita, sementara jumlah kursi yang diperebutkan hanya 55 orang dengan jumlah perolehan kursi dari masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil) dari Dapil 1 (Kota Mataram) (5), Dapil 2 (Lombok Barat) (10), Dapil 3 (Lombok Tengah) (10), Dapil 4 (Lombok Timur) (14), Dapil 5 (Sumbawa dan Sumbawa Barat) (6) dan Dapil 6 (Dompu, Kota Bima,Kabupaten Bima) (10). (adn)
(BERSAMBUNG)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

salam dari tiang meton....

rahayu sasak!

arsip

Mengenai Saya

Foto saya
Kembang Kuning, NTB, Indonesia
nike pandanganke lengan sudut pandangke sendiri sak merasa jari terune sasak...!!!